Biodata Dan Biografi William Tanuwijaya - Pendiri Tokopedia, Situs Jual Beli Online Indonesia

Biodata Dan Biografi William Tanuwijaya - Pendiri Tokopedia, Situs Jual Beli Online Indonesia - Hallo sahabat Biodataku Biografiku, Pada Artikel kali ini kita akan membaca Biodata Dan Biografi William Tanuwijaya - Pendiri Tokopedia, Situs Jual Beli Online Indonesia, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Biografi, Artikel Eksekutif, Artikel Inspirator, Artikel Kisah Sukses, Artikel Kisah Sukses Pengusaha, Artikel Marketplace, Artikel Pebisnis Sukses, Artikel Pedagang, Artikel Pengusaha, Artikel Pengusaha Online, Artikel Pengusaha Sukses, Artikel Startup, Artikel Tokoh Masyarakat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


Biodata Dan Biografi William Tanuwijaya - Pendiri Tokopedia, Situs Jual Beli Online Indonesia



Profil William Tanuwijaya
William Tanuwijaya
Biografi William Tanuwijaya - Akhir-akhir ini nama ini sering banget disebut baik itu di media cetak, elektronik maupun di internet. William Tanuwijaya adalah pendiri Tokopedia , sebuah marketplace atau situs jual beli online Indonesia.

Tokopedia adalah marketplace pertama di Indonesia yang berhasil mendapatkan pendanaan atau funding dari Softbank dan Sequoia Capital. Dimana besarnya funding mencapai 100juta dollar US.
Perlu diketahui bahwa Softbank dan Sequoia Capital adalah peruahaan investasi dibalik kesuksesan Alibaba dan Facebook.


Berawal dari seorang yang introvert, dan hanya bergaul lewat internet, William akhirnya bisa menjadi seorang yang sukses mengukir sejarah hidupnya.

Tentunya kesuksesan William Tanuwijaya saling bertautan dengan kesuksesan Tokopedia. Bagaimana sejarahnya seorang introvert seperti William Tanuwijaya bisa mendirikan sebuah marketplace besar sekelas Tokopedia. Berikut ini Biografi William Tanuwijaya dan Sejarah Berdirinya Tokopedia

Biografi William Tanuwijaya - Lahir, Masa Kecil dan Masa Kuliah

Pendiri Tokopedia
William Tanuwijaya 

William Tanuwijaya dilahirkan di Pematang Siantar pada tanggal 18 November 1981. Masa kecil sampai SMA ia habiskan di daerah kelahirannya tersebut. Setelah lulus SMA, William memutuskan untuk meninggalkan kampong halamannya untuk berkuliah di Bina Nusantara University Jakarta.

Dengan modal yang tidak begitu besar dan impian kuat untuk berhasil di Ibu Kota Jakarta, William berangkat dari Pematang Siantar ke Jakarta dengan mengendarai kapal laut. Empat hari tiga malam ia lalui di kapal, perasaan penuh keoptimisan menggelora di dadanya.

Di Bina Nusantara University (BINUS) William Tanuwijaya mengambil jurusan Informatika. Ketika semester dua, ia memutuskan harus bekerja sembari kuliah karena uang saku dari ortu tentulah tak seberapa sedang Jakarta semuanya serba mahal.

William Tanuwijaya kemudian bekerja disebuah warnet dekat kampus sebagai penjaga dari jam 9 malam sampai jam 9 pagi. Praktislah hidupnya selalu berkutat dengan computer dan dunia online. William semakin asyik dengan dunianya, sifat introvertnya tertolong oleh adanya internet gratis saat ia bekerja. Ia bisa bersosialisasi lewat grup-grup online.

Selama kuliah ia memimpikan kelak jika ia telah lulus ia ingin bekerja di perusahaan berbasis IT seperti Google, namun saat itu Google belum ada kantor cabang di Jakarta. Sehingga saat lulus ia melamar di perusahaan pembuat software di Jakarta.

Biografi William Tanuwijaya - Membangun Tokopedia

William Tanuwijaya CEO Tokopedia
William Tanuwijaya - Pendiri Tokopedia

William Tanuwijaya sering dimintai tolong oleh orang untuk membuatkan website toko online, ketika ia masih menjadi mahasiswa dan menjaga warnet. Namun kebanyakan dari mereka sangat awam dengan dunia online, sedangkan adanya website harus terus menerus diaktifkan dengan posting foto dagangan, menjawab chat pelanggan dsb. Belum lagi kalau ada bagian website yang tak bekerja. Nah tentunya ribet sekali bagi para pedagang tersebut jika harus mengurus dagangannya dan mengurus website.

Dari situlah ide mebuat sebuah Situs Jual Beli Online yang konsepnya Marketplace tercetus oleh William Tanuwijaya. Menurutnya, marketplacenya kelak harus simple, terpercaya dan gratis.

Ketika William Tanuwijaya sudah bekerja, ia mengajak temannya yang bernama Leontinus Alpha Edison untuk merealisasikan idenya itu. Mereka menamai market placenya "Tokopedia".  William ingin sekali fokus untuk membangun Tokopedia. Namun ia harus tetap bekerja, karena ia adalah tulang punggung keluarga. Sedang Papanya mengidap kanker sehingga tidak bisa lagi bekerja.

William memang harus pandai membagi waktu antara mewujudkan impiannya membangun Tokopedia dan tetap bekerja.

Ketika itu tahun 2007, Tokopedia belumlah maksimal dan belum menghasilkan. Terbentur masalah pendanaan, William belajar dari facebook dan Google, mereka seua pemuda yang berawal dari ide , mereka mengajukan pendanaan ke ventura-ventura yang mau memberikan fundingnya. William Tanuwijaya menemui bosnya untuk menceritakan idenya. Karena hanya bosnyalah orang berduit yang ia kenal.

Dari situ bosnya mengenalkan William kepada bos-bos lain yang memiliki modal. William pun harus mempresentasikan idenya. Dari sini William harus benar-benar membuka pikirannya, harus benar-benar menerima realita bahwa mendapatkan kepercayaan itu sangatlah sulit.

Banyak dari bos-bos pemilik modal itu tak mempercayai William, karena latar belakang keluarga William bukanlah pengusaha, pendidikan William juga bukan lulusan luar negeri. Namun William Tanuwijaya tetap memegang teguh impiannya untuk mewujudkan Tokopedia. Ia berpendapat bahwa, masa lalu tak bisa diubah, namun masa depan bisa diusahakan.

Dua tahun William mengusahakan pendanaan atau funding untuk Tokopedia. Akhirnya di tahun 2009 William Tanuwijaya berhasil mendapatkan funding/pendanaan pertamanya untuk Tokopedia. Dan ditahun itu Tokopedia resmi berdiri.

Dari tahun ke tahun, pendanaan untuk Tokopedia makin bertambah baik dari segi investor dan dari segi banyaknya investasi. Hingga pada tahun 2014, William Tanuwijaya dipercaya oleh Softbank dan Sequoia Capital untuk lebih mengelola Tokopedia menjadi marketplace yang berkelas Internasional. 

Softbank dan Sequoia Capital adalah perusahaan investasi yang juga mendanai Google, facebook dan Alibaba. Dan Tokopedia adalah Starup pertama di Indonesia yang mendapat pendanaan dari Softbank dan Sequoia Capital.

Setelah enam tahun berlalu sejak 2009, Tokpedia yang awalnya hanya 4 orang pegawai sekarang berkembang menjadi 300 pegawai.

Bagi William, Tokopedia tak hanya perwujudan mimpi-mimpinya sejak kuliah tapi juga telah membuka lapangan kerja bagi banhyak orang. Sekarang orang yang ingin memperdagangkan barangnya tak perlu capek2 menyewa programmer untuk mengonlinekan dagangannya. Mereka cukup membuka lapak di Tokopedia dan jalanlah onlineshopnya. Banyak sekali para merchant(orang yang membuka lapak di marketplace seperti Tokopedia) mengaku sangat terbantu dengan kehadiran Tokpedia.

William Tanuwijaya telah dianggap sukses membangun marketplace Tokopedia. Tokopedia dianggap sebagai startup yang cukup sukses di Indonesia. Walau sampai saat ini belum IPHO dan belum balik modal. Namun keberadaannya telah terbukti memberikan jawaban terhadap permasalahan toko online di Indonesia.

Biodata William Tanuwijaya

Nama                               William Tanuwijaya
Tempat tanggal Lahir      Pematang Siantar, 18 November 1981
Pendidikan                       S1 Bina Nusantara University
Karier                              Pendiri Tokopedia sejak 2009



Demikianlah Artikel Biodata Dan Biografi William Tanuwijaya - Pendiri Tokopedia, Situs Jual Beli Online Indonesia

Sampai disini artikel tentang Biodata Dan Biografi William Tanuwijaya - Pendiri Tokopedia, Situs Jual Beli Online Indonesia kali ini, mudah-mudahan dapat memberi inspirasi serta bermanfaat untuk kita semua dan sampai jumpa pada artikel Biodataku Biografiku yang lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Biodata Dan Biografi William Tanuwijaya - Pendiri Tokopedia, Situs Jual Beli Online Indonesia dengan alamat link http://biodatakubiografiku.blogspot.com/2016/09/biodata-dan-biografi-william-tanuwijaya.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Biodata Dan Biografi William Tanuwijaya - Pendiri Tokopedia, Situs Jual Beli Online Indonesia"

Posting Komentar