Biodata Dan Biografi Wong Fei Hung - Tak Sekedar Ahli Kungfu , Tapi Juga Seorang Tabib dan Ulama

Biodata Dan Biografi Wong Fei Hung - Tak Sekedar Ahli Kungfu , Tapi Juga Seorang Tabib dan Ulama - Hallo sahabat Biodataku Biografiku, Pada Artikel kali ini kita akan membaca Biodata Dan Biografi Wong Fei Hung - Tak Sekedar Ahli Kungfu , Tapi Juga Seorang Tabib dan Ulama, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Agamawan (Islam), Artikel Biografi, Artikel Da'i, Artikel Ilmuwan, Artikel Ilmuwan Muslim, Artikel Inspirator, Artikel Kisah Sukses, Artikel Profil, Artikel Tokoh Dunia, Artikel Tokoh Masyarakat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


Biodata Dan Biografi Wong Fei Hung - Tak Sekedar Ahli Kungfu , Tapi Juga Seorang Tabib dan Ulama


Sejarah Wong Fei Hung
Biografi Wong Fei Hung

Ada yang suka melihat film Mandarin? Pastinya  tahu nama Wong Fei Hung. Kira-kira jika ditanyakan. siapakah Wong Fei Hung? Kebanyakan akan menjawab "Ahli Kungfu".
Gak ada yang tahu kalau beliau juga seorang Tabib dan Ulama Muslim terkemuka dijamannya, karena memang yg terakhir ini tidak pernah diekspos dalam filmnya.

Wong Fei Hung sangat pandai mengobati orang sakit dan sangat taat menjalankan ibadah agama Islam. Beliau juga gemar menolong orang yang lemah.

Karena dedikasinya inilah Pemerintah China menetapkan beliau sebagai Pahlawan Nasional China.
Yuk kita gali lebih lanjut tentang Wong Fei Hung



Biografi Wong Fei Hung

Wong Fei Hung dilahirkan dan dibesarkan di dalam keluarga Muslim Cina yang taat beribadah. Bapak Wong Fei Hung berprofesi sebagai tabib dan ulama terkemuka di Cina. Selain itu, keluarga Wong Fei Hung juga terkenal sebagai ahli beladiri (Kung Fu). Ilmu Kungfu keluarga Wong sangatlah terkenal, sehingga ayahnya masuk dalam sepuluh besar Macan Kwantung, sebutan bagi orang yang sangat tinggi ilmu Kungfunya. Ayah Wong Fei Hung mengelola sebuah tempat pengobatan yang terkenal di eranya, yang  bernama Po Chi Lam.

Wong Fei Hung lahir di Guangdong/Kwantung tahun 1847. Ayah Wong Fei Hung bernama Wong Kay Ying.  Nama "Wong Fei Hung"  berasal dari bahasa Canton. Jika diartikan Fei merujuk dalam bahasa Arab "Faisal", sedang Hung di bahasa Arab artinya Hussein. Sebenarnya Nama "Wong Fei Hung" jika diartikan dalam bahasa Arab adalah Faisal Hussein Hung.

Sering Menolong Orang yang Lemah

Keluarga Wong Fei Hung memiliki kedudukan yang tinggi di masyarakat. Ahli Kungfu, Tabib Terkenal, dan dibalut dengan akhlak Muslim yang taat.

Keluarga ini sering sekali menolong orang yang lemah dan tertindas. Masyarakat sekitar kala itu sangat menghormati keluarga Wong. Sering sekali keluarga Wong mengadakan pengobatan gratis bagi para kaum miskin dan dhuafa.

Wong Fei Hung sejak kecil dikelilingi oleh keluarga dengan nilai-nilai agama yang kental. Hal ini membuat Wong Fei Hung terbentuk sebagai pribadi yang tangguh, baik itu spiritualnya maupun sosialnya.

Aktif Membela Kebenaran

Wong Fei Hung hidup dalam masa Dinasti Yuan   Dinasti Chin. Dinasti Yuan adalah Dinasti selama dalam sejarah China memiliki anggota keluarga yang banyak Muslimnya. Dinasti Chin kemudian melakukan perebutan kekuasaan terhadap Dinasti Yuan. Diunasti Chin terkenal sangat banyak penyelewengan , koruptor merajalela, penindasan dimana-mana.

Keluarga Wong melihat ini sebagai sesuatu yang harus ditindak. Keluarga ini kemudian aktif dalam gerakan bawah tanah menentang kekuasaan Dinasti Chin yang korup dan zhalim.
Kemampuan Kungfu Wong Fei Hung

Ilmu Kungfu/Wushu/ beladiri Wong Fei Hung sudah tidak diragukan lagi. Jurus yang paling terkenal adalah "Jurus Tendangan Tanpa Bayangan".

Sebenarnya siapa saja yang berperan dalam pembentukan ilmu beladiri Wong Fei Hung? Yang pasti adalah ayahnya sendiri yaitu Wong Kay Ying. Kemudian guru ayahnya yaitu Luk Ah Choi, bersama dengan Luk Ah Choi ini, ilmu beladiri Wong Fei Hung meningkat pesat. Jurus terkenal "Tendangan tanpa Bayangan" juga yang mengajarkan adalah Luk Ah Choi.

Seseorang lainnya yang sangat berjasa pada Wong Fei Hung akan peningkatan ilmu Kungfunya adalah saudara seperguruannya yaitu Hung Hei Kwun. Beliau ini pernah memimpin pemberontakan menentang Dinasti Chin dan hamper menang. Tapi kemudian Dinasti Chin meminta bantuan Eropa. Akhirnya Hung He Kwun hamper saja ditangkap dan dibakar... untungnya lolos.

Jurus-jurus Wong Fei Hung yang terkenal lainnya adalah Jurus Cakar Macan dan Jurus Sembilan Pukulan Khusus.

Wong Fei Hung tidak hanya menguasai ilmu beladiri, beliau juga sangat menguasai persenjataan kala itu. Suatu hari Wong Fei Hung sedang berjalan di sekitar pelabuhan. Beliau melihat ada masyarakat miskin yang sedang "diperas/dipajaki" oleh  30 preman. Terpanggil ingin membela kaum yang tertindas, Wong Fei Hung melawan 30 preman kekar itu hanya dengan seorang diri dan satu tongkat.

Hidup Penuh Ujian

Walaupun Wong Fei Hung berasal dari keluarga mapan, berkelas dan terhormat di jamannya, namun kehidupan Wong Fei Hung sangat sarat dengan ujian.

Anak tersayangnya meninggal dibunuh oleh mafia Canton. Istrinya juga berumur pendek. Ketika istrinya meninggal, Wong Fei Hung menikah lagi, tapi istri keduanya juga meninggal di usia muda. Kemudian Wong Fei Hung menikah untuk ketiga kalinya, akan tetapi sama juga nasib istri ketiganya meinggal di usia muda.

Wong Fei Hung sangat sedih, sedih sekali. Namun beliau iklas dan memutuskan utk tidak menikah dulu. Sampai beliau bertemu dengan perempuan yang jau lebih muda darinya dan juga ahli kungfu yang bernama Mok Gwai Lan.
Beliau kemudian menikah dengan Mok Gwai Lan sampai akhir hayat.

Wong Fei Hung. Seorang ahli kungfu, tabib terkenal dan seorang Muslim yang taat, tentu yang terakhir ini tak banyak orang tahu dan pastinya tak ada film beliau yang menceritakan tentang ke Musliman beliau. Tak masalah, yan penting kita bisa mengambil hal baik dan mencontohnya dari beliau.


Demikianlah Artikel Biodata Dan Biografi Wong Fei Hung - Tak Sekedar Ahli Kungfu , Tapi Juga Seorang Tabib dan Ulama

Sampai disini artikel tentang Biodata Dan Biografi Wong Fei Hung - Tak Sekedar Ahli Kungfu , Tapi Juga Seorang Tabib dan Ulama kali ini, mudah-mudahan dapat memberi inspirasi serta bermanfaat untuk kita semua dan sampai jumpa pada artikel Biodataku Biografiku yang lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Biodata Dan Biografi Wong Fei Hung - Tak Sekedar Ahli Kungfu , Tapi Juga Seorang Tabib dan Ulama dengan alamat link http://biodatakubiografiku.blogspot.com/2016/09/biodata-dan-biografi-wong-fei-hung.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Biodata Dan Biografi Wong Fei Hung - Tak Sekedar Ahli Kungfu , Tapi Juga Seorang Tabib dan Ulama"

Posting Komentar